Dr Ari: Puasa Ramadhan Bisa Menyembuhkan Sakit Maag

Diposting pada

KETIKA bulan Ramadhan tiba, banyak penderita maag yang bertanya, bolehkah mereka berpuasa? Selama berpuasa, apakah ada pengaruh negatif pada sakit maag saya? Misalnya, maag menjadi makin kronis dan mudah kambuh?

Jika berpuasa tidak menyebabkan sakit maag bertambah parah, tentu saja mereka memilih berpuasa. Sebab, dalam ajaran Islam, puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam. Artinya, menjalani puasa Ramadhan adalah wajib bagi setiap muslim dewasa.

Jika mereka tidak berpuasa tanpa alasan yang kuat, mereka akan berdosa. Tentu saja, tiap umat Islam tidak ingin melanggar perintah Allah tentang berpuasa di Bulan Ramadhan.

Hanya saja, bagaimana dengan penderita sakit maag? Harus tetap berpuasa atau sebaliknya, boleh meninggalkan puasa?

Puasa Membuat Pola Makan TeraturĀ 

puasa untuk sakit maag

Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyatakan bahwa Anda yang punya sakit maag bisa berpuasa. Bahkan, puasa bisa membuat sakit maagnya menjadi lebih baik.

Ketika menjalankan puasa, cara makan seseorang menjadi teratur. Kesempatan merokok tidak sebanyak waktu tidak puasa. Demikian pula kebiasaan ngemil makanan berlemak, juga berkurang.

Ini justru membuat penyakit maag bisa sembuh. Atau paling tidak, rasa sakit maag berkurang.

Penulis artikel ini juga pernah mengalami sakit maag belasan tahun. Penulis punya penyakit maag sejak usia 43 tahun. Pada tahun-tahun awal kena sakit maag, penulis sering periksa dokter.

Tidak hanya satu dokter, tetapi tiga dokter. Meskipun demikian, sakit maag belum juga sembuh. Tiap obat resep dokter habis, tidak lama kemudian maag kambuh lagi.

Meskipun demikian, penulis tidak pernah meninggalkan puasa Ramadhan. Walaupun hanya satu hari. Selama menjalani puasa Ramadhan, penyakit maag benar-benar tidak pernah kambuh.

Tetapi, begitu puasa Ramadhan selesai, 1 minggu atau 2 minggu kemudian maag kambuh lagi. Rasa melilit atau perih di lambung kembali muncul.

Dua Jenis Penyakit Maag: Fungsional dan Organik

Penyakit maag (dispepsia) ada dua macam. Yakni, penyakit maag fungsional dan penyakit maag organik.

Penyakit maag fungsional disebabkan karena makan tidak teratur, banyak mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi minuman bersoda, sering minum kopi, stres, merokok, dsb.

Berbeda dengan penyakit maag fungsional, maka maag organik disebabkan oleh sesuatu yang tidak normal di lambung. Misalnya akibat adanya tukak lambung dua belas jari, GERD, kanker di kerongkongan, polip, dsb.

Apakah penderita sakit maag organik boleh berpuasa?

Ya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk ikut berpuasa. Jangan sampai puasa Ramadhan membuat sakit maag Anda kian berat.

Apalagi, penyakit maag membuat perdarahan di lambung dan muntah darah atau buang air besar warna hitam. Atau muntah berulang dan tiap makan selalu muntah.

Atau harus dirawat di rumah sakit utuk penyembuhan penyakit maag yang Anda derita. Pasien dengan sakit kanker di pencernaan juga disarankan agar tidak berpuasa.

Obat Herbal Madu Pahit Membuat Maag Saya Sembuh Total

Penyakit maag penulis sembuh setelah minum obat herbal madu pahit. Biasanya, rasa madu memang manis. Tetapi, ini adalah madu pahit.

Penulis mengonsumsi madu pahit satu botol dengan harga Rp 40 ribuan. Rasa pahitnya tidak terlalu pahit. Maka, penulis pun minum obat herbal itu dengan nyaman. Setelah habis satu botol madu pahit, penulis merasa maag benar-benar sembuh.

Sekarang penulis berani mengonsumsi makanan minuman asam (kecut) atau makanan dengan rasa pedas. Mengonsumsi mangga, buah jeruk, lambung tetap merasa nyaman.

Meskipun demikian, penulis tetap berhati-hati. Maksudnya, supaya penyakit maag tidak kambuh lagi.

Jadi, meskipun maag sudah sembuh, penulis tetap menjaganya supaya tidak kambuh lagi. Sebab, jika maag kambuh, apalagi lebih parah sakitnya, aduhh.. berat rasanya.

Ya, jika sekarang Anda sering menderita sakit maag atau sakit lambung, Anda bisa mengonsumsi madu pahit. Anda tidak perlu repot membuat ramuan sendiri.

Untuk obat maag yang dijual di toko obat atau apotek, saya sering mencobanya ketika maag saya kambuh. Tetapi, obat-obat itu tidak bisa menyembuhkan sakit maag saya.

Obat herbal maag madu pahit yang bisa menyembuhkannya. Tentu berkat pertolongan Allah swt. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan baik dan lancar.