Aduh, Punggung Sebelah Kiri Sakit seperti Ditusuk

Diposting pada

NYERI punggung bermacam-macam tingkatan dan jenisnya. Ada nyeri punggung sebelah kiri, sebelah kanan, dsb. Ada juga punggung sebelah kiri sakit seperti ditusuk.

Kali ini akan kita perbincangkan tentang nyeri punggung sebelah kiri yang rasanya seperti ditusuk. Ya, sakit sekali.

Nyeri punggung adalah rasa sakit di sepanjang tulang belakang. Dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Umumnya nyeri punggung adalah gejala tentang adanya penyakit lain pada tubuh Anda.

Banyak penyebab punggung sebelah kiri sakit seperti ditusuk. Antara lain postur tubuh yang salah ketika duduk, berbaring, atau saat berdiri. Ada juga nyeri punggung karena otot tegang, cedera otot atau tulang.

Penyebab Punggung Sebelah Kiri Sakit Seperti Ditusuk

punggung sebelah kiri sakit seperti ditusuk
cara yang betul, tak semua barang di punggung (foto:liputan6.com)

Penyebab nyeri pungung lainnya adalah kelainan bentuk tulang belakang, penyempitan jalur tulang belakang, siatika, saraf terjepit, penyakit asam lambung, infeksi ginjal, dan batu ginjal.

Ya, penyebab punggung sebelah kiri sakit seperti ditusuk memang banyak. Kalau Anda tidak bisa memastikan lokasi yang sakit dan jenis penyakitnya, Anda perlu mengunjungi dokter.

Yang penting, nyeri punggung atau sakit punggung harus segera diatas dan disembuhkan.

Dokter juga bakal meneliti riwayat gejala penyakit Anda dan mengadakan pemeriksaan fisik. Jika diperlukan, dokter juga akan melakukan tes penunjang. Misalnya tes darah, tes urine, USG, dan MRI.

Cara Menghindari Nyeri Punggung Sebelah Kiri seperti Ditusuk

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan supaya terhindar dari terjadinya nyeri punggung sebelah kiri seperti ditusuk.

Kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Artinya, sejak sekarang Anda sebaiknya selalu menghindari kemungkinan terjadinya nyeri punggung. Jangan setelah sakit baru mencari penyembuhannya.

Berikut ini 11 hal yang perlu Anda hindari biar tidak terkena sakit nyeri punggung.

1. Jangan memijat atau menekan bagian yang sakit
2. Hindari stres dengan melatih diri sendiri untuk tidak stres. Misalnya banyak minum air putih, hindari marah, sering olahraga, dsb.
3. Selalu mengonsumsi makanan bergizi dan makanan sehat. Misalnya sayuran hijau seperti sawi, brokoli, oatmeal, tomat, apel, pisang, telur, olam, dsb.
4. Jangan langsung berbaring sesudah makan
5. Jangan merokok dan minum minuman keras
6. Perbanyak minum air putih, minimal 10 gelas per hari
7. Jika ingin kencing jangan ditahan.
8. Usahakan postur tubuh dalam posisi yang benar ketika Anda berdiri, duduk, berbaring atau waktu beraktivitas.
9. Jangan membawa barang di punggung terlalu berat. Apalagi cara jalannya tidak benar, tulang belakan makin menderita. Jika membawang barang berat, pakailah alat dorong.
10. Mengangkat barang dari lantai tanpa jongkok (menekuk lutut). Banyak orang mengangkat barang dari lantai dengan posisi membungkuk. Ini bisa membiat Anda mengalami nteri punggun.
11. Terlalu lama duduk. Anda sebaiknya berdiri dan jalan di sekitar sebentar biar aman dari nyeri punggung.

Penutup

Ya, Anda perlu hati-hati ketika beraktivitas sehingga tulang punggung Anda selalu aman dan sehat. Lebih-lebih untuk Anda yang sudah berusia. Jangan sampai punggung cedera.

Cara duduk, cara mengangkat barang berat, dsb, semua perlu Anda perhatikan dan harus benar. Ya, hindari punggung sebelah kiri sakit seperti ditusuk. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *