Resep Masakan untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol

Diposting pada

PENYAKIT gula darah tinggi (diabetes) dan lemak darah (kolesterol tingggi) terkadang bergandengan tangan. Artinya, kedua penyakit menghinggapi penderita secara bersamaan.

Ya, jadilah dia menderita sakit diabetes sekaligus menderita sakit kolesterol tinggi. Tentu saja, ini adalah penderitaan yang sangat berat bagi yang terkena kedua penyakit itu sekaligus.

Ada studi yang menyebutkan bahwa 70% penderita diabetes juga punya masalah kolesterol tinggi. Kedua penyakit itu memang punya hubungan (korelasi).

Seseorang yang menderita diabetes akibat kekurangan insulin, maka kadar kolesterol jahat (LDL)-nya tinggi. Sebaliknya, kadar kolesterol baik (HDL)-nya menurun. Jadilah penyakitnya sulit sembuh. Gula darahya selalu tinggi.

Menu Makanan Lebih Banyak Sayur dan Seratnya

Untuk mencegah terjadinya gula darah dan kolesterol tinggi, sebaiknya Anda mulai mengurangi makan nasi. Sebagai gantinya, Anda perlu memperbanyak konsumsi sayuran yang kaya serat.

Ya, seporsi makan terdiri dari separo nasi dan separo sayuran, Pengaturan makanan seperti itu sangat penting, Dengan cara ini, penyakit diabetes Anda tidak akan berkembang.

resep masakan untuk penderita diabetes dan kolesterol

Ada 2 jenis asupan serat yang perlu Anda ketahui. Yakni serat tidak larut dan serat larut. Berikut karakteristik masing-masing.

Serat tidak larut: merasa kenyang lebih lama, makanan sulit tercerna tanpa menambah kalori yang banyak. Kalori tinggi berkaitan dengan kenaikan berat badan dan obesitas.

Supaya Anda terhindar dari risiko komplikasi, Anda perlu mengonsumsi makanan yang banyak seratnya. Makanan banyak serat akan membuat berat badan normal.

Serat larut: Ada pada kacang-kacangan, apel, dan oatmeal. Bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kadar glukosa darah aman. Artinya, tidak akan naik tinggi.

Mengubah cara makan separo nasi dan separo sayur tentu tidak bisa seketika. Lakukan bertahap sampai Anda benar-benar merasa nyaman dengan makan separo nasi separo sayur sehingga diabetes dan kolesterol Anda terkendali atau menjadi normal.

Konsumsi Alpukat, Minyak Zaitun dan Kacang-kacangan

Resep masakan untuk penderita diabetes dan kolesterol lainnya adalah mengonsumsi alpukat, minyak zaitun atau kacang-kacangan yang tidak digoreng.

Makanan yang harus Anda hindari supaya diabetes dan kolesterol tidak makin tinggi adalah mentega, minyak kelapa sawit, dan daging merah berlemak.

Makanan-makanan ini mengandung lemak jenuh yang bisa memperburuk penumpukan lemak di dalam pembuluh darah Anda.

Makanan lain yang harus Anda hindari adalah susu tinggi lemak dan olahannya. Misalnya keju dan es krim, juga harus Anda hindari.

Kecuali susu skim atau susu bebas lemak. Ini bisa Anda konsumsi.

Selain menghindari konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jahat, Anda juga perlu membatasi jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Anda juga perlu rajin melakukan olahraga. Misalnya lari, naik sepeda atau aerobik.

Contoh Resep Masakan untuk Penderita Diabetes 

Anda juga bisa mencoba resep masakan untuk penderita diabetes berikut ini.

1. Minuman kedelai hitam

Dinamakan kedelai hitam karena warnanya hitam. Harga 1 kg kedelai hitam lokal Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu. Harga kedelai hitam impor lebih murah, yakni Rp 8 ribu/kg.

Kacang kedelai hitam sangat baik untuk mencegah diabetes. Kalau gula darah Anda di atas normal, silakan minum susu kedelai hitam 2 gelas sehari.

Jika untuk pemeliharaan kesehatan (maintenance) cukup 1 gelas sehari. Saat merebus kedelai hitam bisa ditambahkan daun pandan supaya rasa dan bau rebusan kedelai tidak langu.

Sebelum direbus, kedelai harus direndam dulu semalam dan dibuang airnya. Tujuannya supaya Anda terhindar dari gangguan pencernaan setelah minum rebusan kedelai hitam.

Bahan: 1 genggam kedelai hitam, 300 ml air, dan 1 lembar daun pandan (tanpa daun pandan juga boleh).

2 Sarapan diet diabetes tipe 1 (nasi merah)

Bahan: 2 potong ayam kampung tanpa lemak dan kulit, brokoli, wortel, tebu telur (pucuk tebu), kol, bawang putih 1 siung geprek, tumis tanpa minyak, nasi merah rendah kalori, sedikit garam, dan air secukupnya.

Cara membuatnya: Masak segenggam beras merah, tumis bawang putih, ayam kampung tanpa minyak (bisa pakai teflon agar tidak lengket ketika di tumis).

Masukkan wortel, tebu telur, brokoli dan aduk rata. Tambahkan sedikit garam, air secukupnya, masukkan kol, aduk hingga matang.

Contoh Resep Masakan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Sesungguhnya menurunkan kolesterol tidak sulit. Saya pernah terkena kolesterol tinggi sampai 253 mg/dL. Dengan diet, dalam satu bulan kolesterol kembali normal.

Setelah itu, saya tetap diet dengan membatasi konsumsi makanan yang bisa membuat kolesterol naik. Misalnya membatasi konsumsi aneka gorengan, daging merah, kuning telur, kulit ayam, jeroan, makanan minuman manis, dsb.

Awal tahun 2019 lalu saya cek lagi kadar kolesterol saya. Ternyata, turun lagi menjadi 153 mg/dl. Benar-benar normal.

Berikut ini resep masakan untuk penderita kolesterol adalah membatasi makanan yang bisa menyebabkan kolesterol naik.

  • Baca Juga: Obat Herbal Diabetes untuk Menormalkan Gula Darah Anda

Misalnya:

1. Sup wortel jagung (0 kolesterol)

Bahan pembuatan sup wortel: 6 buah wortel dipotong bulat, 2 jagung manis (dipipil), 3 pokcoi. 5 siung bawang putih/bawang merah, 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan sedikit air,1 sdt minyak, garam secukupnya, lada, dan pala.

Cara membuatnya: Panaskan minyak dan masukkan bawang merah/bawang putih tumis sebentar tambahkan air sanpai mendidih. Masukkan wortel dan jagung, masak hingga matang, dan tambahkan pokcoi.

Masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan air. Aduk hingga mengental. Sajikan saat sup wortel masih panas. Aduhh.. sedapnya.

2. Tahu kukus non kolesterol

Bahan-bahannya: 100 gram daging giling (bisa diganti ayam atau ikan), 1 butir telur putihnya saja, 10 buah tahu susu dibelah serong, 1/4 bawang bombay, 1 sdt lada hitam, 1 sdt garam,1 sdm tepung bumbu, 1 sdt bawang putih bubuk, 1 sdt kaldu jamur dan seledri bakung secukupnya.

Cara mengolahnya: Masukkan isian daging ke dalam tahu. Sebelumnya daging digiling, campur dengan tahu, campur dengan putih telur, potongan bawang bombay, cabe, lada hitam, kaldu jamur, bubuk bawang putih, garam, tepung bumbunya, tes rasa tahu.

Resep ini juga bisa digunakan untuk membuat tahu goreng. Enak rasanya, mudah membuatnya, dan kadar kolesterol tidak akan naik.

Demikian artikel mengenai resep masakan untuk penderita diabetes dan kolesterol. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *