Konsumsi Roti Tawar Bisa Menyebabkan Sakit Asam Lambung

Diposting pada

ANDA menderita penyakit asam lambung? Hati-hati kalau mengonsumsi roti tawar. Sebab, roti tawar untuk asam lambung tidak sehat. Roti tawar mengandung ragi. Boleh dibilang ragi juga rasa asam.

Umumnya pembuatan roti selalu ditambahi ragi. Dengan tambahan ragi, maka tekstur roti menjadi lembut, lezat, dan tahan lama. Ragi mengubah gula dan karbohidrat menjadi senyawa karbon dan alkohol yang bersifat asam.

Senyawa-senyawa itulah yang bisa meningkatkan jumlah gas dan zat asam dalam lambung. Penyakit asam lambung atau maag menjadi kambuh. Anda akan merasakan perut kencang, mual, bahkan ada cairan panas dan pedas naik ke kerongkongan setelah Anda mengonsumsi roti, termasuk roti tawar.

Yang terbaik adalah mengonsumsi biskuit regal untuk maag. Bisa mencegah maag / asam lambung kambuh.

Roti Tawar untuk Asam Lambung – Orang Sehat Juga Bisa Kena 

roti tawar untuk asam lambung

roti tawar (foto:obatasamlambungqnc.web.id)

Bahwa mengonsumsi roti tawar yang terbuat dari bahan ragi terbukti memperparah pasien sakit maag atau asam lambung dibenarkan oleh dokter spesialis penyakit dalam, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD.

Alasannya, ragi bisa memicu produksi gas berlebih di dalam lambung. Gas berlebihan akan memicu kambuhnya penyakit maag.

Tidak hanya orang yang sudah punya penyakit maag/asam lambung. Anda yang sehat juga bisa terkena penyakit maag jika sering mengonsumsi makanan yang dalam pembuatannya menggunakan ragi. Kian lama, Anda akan merasa gejala maag seperti perut kembung.

Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati saat mengonsumsi roti. Jangan terus menerus karena bisa memicu maag kambuh atau orang yang tidak punya sakit maah juga bisa mengalami gejala maag.

Roti yang aman dikonsumsi oleh penderita sakit maag atau asam lambung adalah roti gandum. Sebab, dalam roti gandum tidak ada efek ragi yang terlalu tinggi.

Ya, jika Anda ingin mengonsumsi cemilan, maka pilihlah cemilan yang sehat untuk penderita asam lambung /maag. 

Jangan Mengonsumsi Kol dan Sawi – Memicu Terjadinya Gas

Selain menghindari makanan yang mengandung ragi seperti roti tawar, Anda yang sekarang punya sakit maag sebaiknya menghindari konsumsi sayur kol dan sawi. Kedua sayuran itu juga terbukti bisa memicu terjadi gas.

Bukan cuma itu, makanan berlemak seperti cokelat maupun full cream juga diusahakan untuk tidak dikonsumsi.

Pokoknya semua pantangan makanan sakit maag harus Anda hindari supaya Anda tetap sehat. Penyakit maag / asam lambung tidak sering kambuh.  

Selain roti gandum, makanan yang aman dan bisa dikonsumsi oleh penderita maag adalah bubur. Mengonsumsi bubur tidak berdampak buruk pada lambung.

Penderita maag / asam lambung memang harus memilih makanan yang sehat untuk lambung. Baik untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Demikian pila untuk cemilan.

Tip Mencegah Asam Lambung atau Maag Kambuh

Berikut dikutipkan tips mencegah maag/ asam lambung kambuh seperti disampaikan dr Devika Y yang dipublikasikan di alodokter.com.

  • Konsumsi makanan secara teratur dalam porsi kecil tetapi sering. Artinya, jangan sering terlambat makan. Makan harus tepat waktu. Baca juga makan yang baik untuk asam lambung. 
  • Perbanyak minum air putih
  • Tidur dengan bantal lebih tinggi
  • Setelah makan jangan langsung berbaring (tidur). Tetapi kasih jarak 1-2 jam, baru boleh berbaring
  • Lakukan olahraga teratur dan jaga berat badan ideal
  • Hindari merokok
  • Hindari makanan yang merangsang lambung seperti jeruk, lemon, bawang putih, bawang bombay, brokoli, kecambah, susu, cokelat, kopi, makanan berlemak, pedas, tomat, dan alkohol
  • Hindari stres sebisa mungkin
  • Jangan mengenakan pakaian ketat.

Demikian artikel mengenai roti tawar untuk asam lambung. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi cemilan roti tawar karena roti itu dibuat dengan campuran ragi yang bersifat asam. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *