12 Cara Mudah Mengatasi Sakit Leher Belakang

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

SAKIT leher belakang –  Anda pernah menderita sakit leher belakang? Atau, justru sakit leher sering terjadi? Jangan panik dan risau. Sakit leher belakang merupakan penyakit ringan. Anda bisa mengobati sendiri di rumah. Dengan obat tradisional, obat beli di apotek atau obat herbal.

Tetapi jika Anda obati sendiri tidak segera sembuh, Anda perlu mewaspadai penyebabnya. Bisa jadi, itu gejala penyakit serius. Misalnya, sakit leher belakang tanda sakit kolesterol tinggi, darah tinggi, sakit jantung, dsb.

Adik ipar saya pernah berkali-kali menderita sakit leher belakang (tengkuk). Dia undang tukang pijat. Usai dipijat, rasa sakit atau pegal hilang. Tetapi, beberapa hari kemudian rasa sakit muncul kembali.

Setelah beberapa kali terjadi, dia datang ke puskesmas. Ternyata, sakit leher belakang yang dialami pertanda sakit kolesterol tinggi. Karena sakit kolesterol tidak segera diobati akibat tidak tahu, efeknya membuat jantungnya juga sakit.

Terpaksa dia harus opname di rumah sakit beberapa hari untuk mengatasi kolesterol dan sakit jantungnya. Setelah itu, tiap bulan harus datang ke rumah sakit untuk cek kesehatan jantungnya.

Sakit leher belakang bermacam-macam. Ada sakit leher belakang bawah, sakit leher belakang sebelah kanan atau sebelah kiri, sakit kepala bagian belakang, dsb.

sakit leher belakang

(foto:blog.dimensidata.com)

12 Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang Bagian Bawah

Jika leher belakang sakit bukan akibat tanda penyakit berat, Anda bisa mengobati sendiri di rumah. Dr Marianti dari alodokter.com memberi petunjuk praktis tentang cara mengatasi sakit leher belakang bawah, baik yang sakit leher bawah bagian kanan ataupun kiri.

1. Gerak-gerakkan Otot Leher

Anda bisa menggerakkan otot leher ke kanan dan ke kiri. Ya, perlahan-lahan saja. Bisa juga dengan gerakan melingkar. Atau gerakan ke depan dan belakang. Tujuannya supaya otot yang sakit bisa direnggangkan. Lakukan rutin tiap hari. Rasa sakit secara bertahap akan menghilang.

2. Berendam di Air dengan Larutan Garam

Air yang diberi larutan garam bisa membantu melemaskan otot-otot yang kaku, baik di leher belakang atau bagian lain. Otot-otot yang lemas bisa memperlancar peredaran darah dan mengurangi stres. Pikiran pun akan terasa nyaman dan tenang.

3. Gunakan Kompres Es atau Bantal Pemanas

Anda juga bisa menggunakan kompres es atau bantal pemanas. Dengan ditempelkan di leher belakang, aliran darah dan oksigen menuju leher bisa lebih lancar. Otot-otot menjadi lebih rileks.

Dari dua cara itu, yang terbaik menggunakan kompres es. Bisa menggunakan handuk untuk membungkus es, lalu tempelkan di area yang sakit selama beberapa menit. Tempat menempelkan kompres bisa dipindah-pindah.

Rasa dingin es bisa merelaksasi otot-otot leher yang kaki, sakit atau nyeri.

4. Gunakan Balsam

Anda juga bisa menggunakan balsam untuk dioleskan pada bagian leher yang sakit. Ada balsam yang berkhasiat menghilangkan rasa sakit di tengkuk dan ada yang berkhasiat untuk meningkatkan peredaran darah. Mana yang terbaik, ya sesuaikan dengan problem leher Anda.

5. Lakukan Pemijatan

Pemijatan juga bisa meringankan sakit leher belakang. Banyak minyak tersedia di apotek untuk pemijatan kesehatan. Minyak esensial lavender, tea tree, minyak serai, dll. Penggunaan minyak pijat bisa memberi efek untuk menghilangkan rasa sakit.

6. Gunakan Terapi Air

Anda juga bisa menggunakan terapi air atau hidroterapi. Caranya sangat mudah. Buka kran dan arahkan pancuran air kran ke leher Anda yang sakit. Sebaiknya gunakan air hangat.

Ya, ini untuk Anda yang punya kran air hangat. Lakukan 3 – 4 menit. Setelah itu, ganti siram air melalui kran air dingin. Ulangi beberapa kali sampai terasa cukup.

7. Anda Bisa Minum Acetaminophen atau Ibuprofen

Cara ini bisa meringankan rasa sakit, termasuk untuk mengatasi sakit leher belakang. Tetapi hati-hati. Jangan sampai obat ini disalahgunakan oleh anak-anak di bawah usia 18 tahun. Baca aturan pakai supaya tidak terjadi efek samping yang merugikan kesehatan Anda.

8. Ubah Posisi Duduk

Jika Anda duduk terlalu lama, coba posisinya diubah-ubah. Jangan hanya satu posisi. Ya, fungsinya untuk menghindari ketegangan otot pada leher belakang. Tidak hanya mengubah posisi duduk. Jika Anda pekerja kantor yang selalu bekerja di belakang meja, ya sesekali berdiri dan jalan ke sana sini. Misalnya, dua jam sekali berdiri dan jalan-jalan di sekitar tempat kerja.

9. Jangan Terlalu Lama Bekerja di Depan Komputer/Laptop

Demikian pula ketika Anda bekerja di depan laptop/komputer. Sebaiknya Anda batasi waktunya. Jangan sampai sehari penuh terus berada di depan komputer/laptop. Bisa menyebabkan leher tegang dan makin lama menimbulkan rasa sakit.

10. Istirahat yang Cukup

Istirahat juga penting untuk mengatasi kelelahan fisik. Beristirahatlah dengan cukup, termasuk tidur. Setidaknya, tidur 7 – 8 jam per hari. Fisik, terutama leher telah bekerja keras ketika Anda bekerja di depan komputer/laptop.

11. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum aur putih juga sangat penting. Setidaknya, minumlah 8 – 10 gelas per hari. Anda akan selalu sehat, termasuk sehat untuk leher bagian belakang.

12. Lakukan Olahraga

Lakukan olahraga rutin tiap hari. Pilih saja olahraga ringan atau senam.  Anda bisa melakukan minimal 4 hari tiap minggu dan setiap olahraga selama 30 menit. Ini akan membuat Anda selalu sehat, dan otot-otot menjadi lebih lentur, termasuk di leher bagian belakang.

Penutup

Demikian cara mengatasi sakit leher belakang yang mungkin Anda alami. Tidak sulit. Yang penting ada kemauan dan luangkan waktu sebentar tiap hari. Lakukan olahraga/senam secara rutin, dan perbaiki cara duduk dan beraktivitas. Kesehatan memang harus diusahakan atau harus dipelihara. Selamat untuk hidup sehat.