Sakit Punggung Sebelah Kiri Atas – Bisa Jadi Anda Sakit Jantung

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

HATI-HATI dengan sakit punggung sebelah kiri atas. Bisa jadi itu tanda Anda kena penyakit jantung. Segera periksa dokter biar segera mendapatkan pengobatan. Sakit jantung bisa diatasi dan Anda bisa sehat kembali.

Ya, tindakan cepat untuk mengatasi sakit jantung sangat diperlukan. Jika terlambat penanganan, wah.. bisa berabe. Penyakit jantung Anda kian meluas dan proses penyembuhannya tidak mudah.

Tetapi, tidak semua sakit punggung sebelah kiri atas adalah tanda Anda kena penyakit jantung. Tanda sakit jantung hanyalah salah satunya.

Ada beberapa penyebab yang membuat Anda menderita sakit punggung sebelah kiri atas. Anda sebaiknya mengetahui penyebab sakit punggung atas atau sakit punggung di bagian lainnya sehingga Anda bisa menghindari.

Mengapa? Karena terkadang sakit punggung sebagai tanda penyakit berat. Misalnya penyakit jantung, tumor tulang belakang, radang tulang punggung atau patah tulang belakang.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Berikut ini beberapa penyebab sakit punggung sebelah kiri, yaitu:

1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Rasa nyeri pada punggung sebelah kiri bagian atas bisa disebabkan oleh adanya gas dalam usus besar di dekat limpa. Mula-mula perut bagian atas akan merasa nyeri. Terkadang rasa nyeri menyebar ke kiri atau kanan selama beberapa hari lamanya.

sakit punggung sebelah kiri atas
(sumber:viva.co.id)

2. Menderita Sakit Jantung

Seperti telah disinggung di atas, nyeri punggung kiri atas juga terjadi akibat adanya serangan jantung. Rasa nyerinya sangat hebat seperti tertimpa barang berat pada bagian tengah dada yang bisa terjadi dalam waktu 15 menit.

Biasanya rasa nyeri akibat sakit jantung disertai kesemutan pada lengan kiri, tangan, dan kelingking. Rasa nyeri bisa menjalan ke leher, rahang, bahu kiri, dan lengan.

Terkadang juga disertai sesak napas, mual, pusing dan berkeringat. Ya, itulah beberapa gejala sakit jantung.

3. Cedera pada Jaringan Lunak

Ini adalah penyebab sakit punggung sebelah kiri yang paling umum. Sakit punggung terjadi karena adanya cedera di jaringan lunak. Penyebabnya bisa karena kecelakaan atau karena Anda melakukan aktivitas berat.

Atau bagian dari tubuh Anda memang bermasalah. Misalnya otot, ligamen atau tendon bermasalah. Bagian yang bermasalah ini bisa mempengaruhi saraf. Akibatnya, bau dan leher bisa menderita sakit.

4. Kurang Olahraga/Aktivitas Fisik

Kurang olahraga atau aktivitas fifik juga menyebabkan Anda mudah kena sakit punggung atas. Karena kurang olahraga, otot-otot Anda menjadi lemah dan tidak bisa menopang struktur tubuh.

Dengan kondisi seperti itu, Anda mudah kena sakit punggung bagian atas ataupun bawah. Cara mencegahnya, ya lakukan olahraga, setidaknya 2 – 3 kali seminggu.

Rajin berolahraga akan membuat Anda tidak mudah kena sakit punggung dan sakit jantung. Selain itu, otot punggung dan otot perut menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah cedera.

5. Cara Duduk yang Tidak Sehat

Kebiasaan duduk dengan cara yang tidak sehat juga bisa membuat Anda mudah kena sakit punggung sebelah kiri atas. Apalagai, duduk di depan komputer sampai berjam-jam. Hati-hati. Jika cara duduk Anda salah, bisa kena sakit punggung.

Cara duduk yang sehat adalah punggung tegak, jangan menunduk dengan kepala ke depan, jangan membungkuk, dan sesekali bangkit dari tempat duduk. Demikian pula duduk ketika bermain gadget.
Posisi duduk yang salah bisa membuat saraf tertekan dan otot kejang. Buntutnya, ya sakit punggung sebelah kiri.

6. Tempat Tidur yang Tidak Sehat

Tidak hanya cara duduk. Cara tidur juga harus dalam posisi yang tidak membuat sakit punggung akibat posisi tidur yang tidak sehat. Kasur/tempat tidur yang sehat adalah kasur/tempat tidur yang tidak melengkung ke dalam ketika Anda berbaring atau tidur di atasnya.

Jika sekarang Anda menggunakan kasur yang melengkung ke dalam saat Anda tidur, ya ganti saja dengan kasur yang sehat. Yaitu, kasur yang bisa mendukung struktur tulang belakang Anda menjadi benar.

7. Mengalami Kegemukan/Obesitas

Anda dengan berat badan tinggi (kegemukan) juga harus hati-hati. Berat badan yang melebihi angka ideal juga berisiko kena kegemukan (obesitas). Sebab, beban pada otot yang meningkat.

Dengan berat badan berlebihan, beban otot juga makin bertambah. Efeknya, kondisi ini bisa menyebabkan sakit punggung atas.

8. Membawa Beban yang Berat

Membawa beban berat sambil jalan juga bisa menyebabkan sakit punggung. Apalagi, membawa beban berat dengan tangan untuk waktu yang agak lama dan berulang-ulang. Ini bisa menyebabkan Anda mengalami sakit punggung bagian atas

Caranya mencegahnya, ya pakai alat dorong untuk membawa bawaan Anda seperti di berbagai bandara atau pasar swalayan. Bandara dan pasar swalayan menyediakan keranjang belanja dorong sehingga Anda tidak perlu mengangkat bawaan Anda.

9. Patah Tulang

Patah tulang selangka akibat terjatuh dalam kecelakaan dengan tangan terentang juga bisa mengakibatkan sakit punggung. Pada umumnya kejadian ini bisa menyebabkan penderita mengalami sakit punggung atas. Misalnya terjatuh dari sepeda atau kendaraan bermotor.

Cara Mengobati Sakit Punggung Sebelah Kiri Atas dengan Obat Herbal

Bagaimana cara mengobati sakit punggung, khususnya punggung atas? Banyak cara bisa Anda lakukan. Tergantung dari bobot atau tingkat sakitnya.

Anda bisa menggunakan obat ringan yang biasa dijual bebas di pasaran seperti paracetamol dan obat anti-inflamasi non streoid (OAINS) lainnya. Atau melakukan pijat, kompres, dsb.

Anda juga bisa mengobati sakit punggung dengan obat herbal. Misalnya De Nature – Obat Tradisional Alami Herbal Ampuh Untuk Sakit Punggung; Sarang Semut Obat Mengobati Sariawan – Sakit Kepala – Batuk – Sakit Perut – Nyeri Punggung, Jelly Gamat Obat Obat Syaraf Kejepit; dan Obat Nyeri Tulang Belakang, Nyeri Pinggang, Punggung, Hernia Nukleus Pulposus, dsb.

Jika masih tidak sembuh akibat beratnya sakit punggung yang Anda derita, ya sebaiknya cepat dibawa ke dokter. Perlu diperiksa apa penyebabnya dan bagaimana kondisi sakit punggung Anda.

Semoga artikel tentang sakit punggung sebelah kiri atas ini bermanfaat Anda semua.