Sakit Punggung Sebelah Kiri Bawah dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

PERNAH sakit punggung? Jika kondisinya berat, rasa sakitnya sangat kuat/tinggi. Baik untuk sakit punggung sebelah kiri bawah atau sakit punggung sebelah kiri atas.

Tentu saja, ada berbagai tingkatan berkaitan dengan sakit punggung. Ada yang sakitnya ringan, sedang dan berat. Yang perlu perhatian besar adalah sakit punggung yang berat. Terkadang punggung tidak bisa digerakkan karena sakitnya yang sangat menyiksa.

Ada banyak penyebab sakit punggung sebelah kiri bawah. Misalnya, sakit punggung karena Anda terlalu banyak kegiatan, otot tegang, cedera otot, osteoarthritis, dsb.

Saat sakit punggung muncul, ada yang merasa punggung seperti ditusuk-tusuk. Sangat sakit. Ada yang rasa sakitnya disertai kesemutan dan rasa perih.

Ada juga yang merasa sakit dari punggung hingga ke bokong, paha, dan bagian kaki. Demikian juga lamanya waktu sakit. Ada yang cepat menghilang, sangat kuat, dsb.

Tetapi, ada juga yang merasa sakit dalam waktu lama. Satu minggu, satu bulan atau berbulan-bulan.

sakit punggung sebelah kiri bawah

6 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri Bawah

Untuk mengatasi sakit punggung, ada baiknya Anda kenali dulu penyebabnya. Dengan cara itu, Anda bisa menentukan cara mengatasi sakit punggung dengan tepat. Bukan sekadar kira-kira.

Bagi Anda yang sehat atau sakit punggungnya sudah sembuh, dengan mengetahui penyebab sakit punggung, Anda bisa menghindari terjadinya sakit punggung. Baik sakit punggung sebelah kiri bawah atau lainnya.

Sakit punggung terjadi umumnya karena tulang punggung mengalami gangguan pada ruas tulang. Misalnya cedera otot (ligamen) saat Anda melakukan suatu kegiatan.

Berikut ini 8 hal yang bisa menyebabkan sakit punggung sebelah kiri, yakni:

1. Saat melakukan kegiatan seperti mengangkat, membawa, menekan, atau menarik sesuatu dengan tubuh Anda salah posisi. Kondisi ini pernah saya alami ketika ingin mengangkat anak yang tidur di depan TV di ruang keluarga ke tempat tidur. Aduh, sakitnya bukan main. Pinggung saya kesleo.

2. Tubuh yang terlalu lentur juga bisa menyebabkan cedera punggung.

3.Duduk membungkuk di atas kursi dalam waktu yang terlalu lama.

4. Membalikkan posisi tubuh secara tiba-tiba.

5. Mengendarai motor atau mengemudi mobil untuk waktu lama. Atau membungkuk dalam waktu lama tanpa disertai istirahat.

6. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Melakukan gerakan buruk yang berulang-ulang.

Orang yang sering stres, badan telalu gemuk (obesitas), sedang hamil, perokok berat, atau mengonsumsi obat untuk jangka lama, juga mudah terkena sakit punggung sebelah kiri.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Sebelah Kiri

Ada beberapa cara mengatasi sakit punggung sebelah kiri yang bisa Anda lakukan. Tentu saja, harus disesuaikan dengan tingkatan sakit Anda. Ringan, sedang atau berat.

Berikut ini cara mengatasi sakit punggung sebelah kiri untuk jangka pendek.

1. Anda Harus Terus Aktif Bergerak

Ketika Anda menderita sakit punggung harus sering bergerak. Jika tidak banyak gerak, sakit punggung Anda bisa menjadi kronis.

Selain itu, sering bergerak akan membuat Anda tidak hanya berpikir tentang sakit Anda. Kian lama justru membuat Anda stres.

Aktif bergerak seperti mengerjakan pekerjan ringan, suka jalan kesana kemari, bisa mempercepat kesembuhan Anda.

2. Gunakan Obat Pereda Rasa Sakit

Jika Anda merasa sakit yang mengganggu pekerjaan, Anda bisa menggunakan obat pereda sakit. Misalnya paracetamol atau parasetamol. Obat berbentuk oral atau oles.

Anda juga bisa menggunakan terapi pijat dengan pemijat yang khusus memahami masalah saraf (pemijat ahli saraf).

3. Dikompres biar Aliran Darah Lancar

Anda juga bisa mengatasi sakit punggung sebelah kiri bawah dengan melakukan kompres menggunakan air hangat atau air dingin. Kegunaannya untuk meredakan sakit di punggung.
Cara ini juga bisa melancarkan aliran darah sehingga rasa sakit bisa teratasi.

4. Olahraga untuk Menurunkan Rasa Sakit

Anda juga bisa menurunkan rasa sakit dengan memperbaiki postur tubuh, baik melalui olahraga atau senam.

Selain menurunkan rasa sakit, olahraga juga bisa menurunkan risiko cedera. Tetapi, Anda jangan memilih olahraga berat seperti tinju, sepakbola, dsb. .

Lakukan olahraga dengan rasa senang dan santai. Biar tidak stres dan bebas dari sakit punggung atas kiri.

5. Beristirahat yang Cukup

Anda juga perlu beristirahat jika merasakan sakit punggung cukup parah. Ya, orang sehat saja perlu istirahat. Apalagi orang sakit (punggung kiri atas).

Anda bisa melakukan aktivitas kembali jika waktu istirahat dianggap telah mencukupi. Tetapi, apabila Anda ingin memulai aktivitas baru, mulailah dengan perlahan-lahan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *