Tips Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Bayi Baru Lahir

Diposting pada

SUSU formula terbaik untuk bayi baru lahir. Jika kondisi Bunda kurang memungkinkan untuk memberikan air susu ibu (ASI) secara penuh kepada si kecil akibat masalah medis seperti sakit, maka Bunda bisa memberikan si kecil susu formula.

Tentu saja, Bunda perlu memilih susu formula terbaik untuk si kecil. Tidak sedikit susu formula yang kini kualitasnya juga tinggi akibat kemajuan teknologi dalam memproduksi susu formula.

Kualitas susu formula bisa diandalkan untuk membantu pertumbuhan si kecil dengan sempurna. Meskipun susu formula tidak akan bisa menyamai kualitas ASI.

Selain itu, Bunda harus jeli dalam memilihkan susu formula. Sebab, terdapat banyak produk susu formula yang harus dipilih. Formulasi dari setiap merk susu formula tentu saja tidak sama.

Baca – 7  Susu Formula Bayi Terbaik Tanpa Gula 

Bahkan, satu perusahaan bisa menyediakan atau memproduksi beberapa varian susu formula. Masing-masing punya formulasi yang tidak sama.

Tips Memilih Susu Formula Yang Cocok untuk Bayi Dibawah 6 Bulan

susu formula terbaik untuk bayi baru lahir

Oleh karena itu, orang tua harus cermat dalam memilih susu formula dan cara menyajikannya kepada si kecil. Apalagi untuk bayi dibawah usia 6 bulan.

Menurut dr Kevin Adrian, dalam memilih susu formula untuk si bayi bukan memilih merknya. Tetapi, memilih kandungan susu yang ditawarkan.

Susu formula yang akan dipilih harus mengandung nutrisi utama. Yakni protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Selain itu dalam kemasan dinyatakan susu formula cocok untuk bayi yang baru lahir. Lalu, pilih susu yang diproduksi dari bahan utama susu sapi.

Kandungan protein sebaiknya pilih whey karena mudah dicerna. Jika protein merupakan gabungan dari whey dan casein, maka komposisi whey harus lebih tinggi. Yakni, 60 : 40.

Konsumsi susu formula perlu diganti jika setelah mengonsumsi susu formula pilihan Anda, ternyata si kecil mengalami diare, lemas dan muntah. Ada baiknya Anda kunjungi dokter atau tenaga kesehatan lainnya untuk konsultasi.

Baca – 3 Merek Susu Formula Terbaik Untuk Bayi Lahir Prematur 

Yang harus dihindari adalah asupan susu yang dibuat dari bahan kedelai. Kecuali jika si kecil sudah berusia 6 bulan lebih. Sebab, susu kedelai mengandung glukosa atau zat gula yang bisa merusak gigi si kecil.

Susu Formula Terbaik Untuk Bayi 0 – 6 Bulan

Ada beberapa susu formula terbaik yang bisa Bunda pilih untuk bayi usia 0 – 6 bulan, yakni:

1. Susu Formula untuk Bayi, Enfamil A+

Susu formula untuk bayi baru lahir yang bisa Anda pilih adalah Enfamil A+ tahap 1. Kandungan nutrisi dari susu untuk bayi umur 0 – 6 bulan ini punya kadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal yang sudah teruji. Susu ini juga sangat baik untuk perkembangan otak bayi.

Secara klinis minum susu formula ini terbukti mampu mempertahankan konsentrasi anak lebih lama, memiliki memori yang kuat dan mampu memecahkan masalah.

Kandungan lain adalah prebiotik GOS untuk kesehatan pencernaan. Harga susu formula Enfamil A+1 isi 400 gram ini adalah Rp. 143.000..

2. Susu Formula Bayi NAN PH Pro 1

Susu NAN PH Pro 1 juga termasuk susu formula untuk bayi baru lahir atau usia 0-6 bulan yang cukup bagus. Susu formula ini mengandung OPTIPRO HA protein hypoallergenic, bifidobacterium lactis, dan DHA. Semua adalah asupan penting bagi pertumbuhan tubuh bayi.

Baca – 6 Susu Formula Untuk Bayi Biar Cepat Gemuk

Manfaat lain dari susu formula ini adalah mengurangi resiko alergi. Harga susu formula isi 800 gram ini adalah Rp. 315.000.

3. Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

Pilihan lain yang juga bisa dipertimbangkan adalah susu formula Wyeth S-26 Promil Gold tahap 1. Dengan formula khusus MultiExcel, otak si kecil akan tumbuh secara maksimal.

Kandungan makronutrien dan mikronutriennya juga bersinergi untuk memastikan tubuh bayi tumbuh dengan kuat dan aktif berenergi. Rasa susu formula ini hampir mirip denga ASI.

Harga susu formula terbaik untuk bayi baru lahir isi 800 gram adalah Rp 198.000 di toko online.

4. Susu Formula Bayi, Similac Advance

Susu formula Similac Advance ini juga bagus untuk dijadikan sebagai pendamping konsumsi air susu ibu (ASI) bagi bayi usia 0 – 6 bulan.

Mengandung DHA & AA yang mampu membantu perkembangan otak dan mata si bayi. Harga susu formula seberat 850 gram adalah Rp. 325.000.

5. Susu Formula Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1

Pilihan lain untuk susu formula terbaik bagi si kecil usia 0 – 6 bulan adalah Nutricia Nutribaby Royal. Susu diproduksi dengan formula khusus Acti Duobio.

Tujuannya untuk memberikan manfaat maksimal kepada si kecil generasi penerus masa depan.

Susu ini mengandung prebiotik dan vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca – Susu Untuk Menambah Berat Badan Usia 20 Tahun

Mengandung asam linoleat dan zat besi untuk mendorong perkembangan otak. Susu Nutribaby mudah dicerna oleh lambung bayi.

Dilengkapi juga dengan probiotik breve M16V untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Harga susu formula Nutricia isi 800 gram ini adalah Rp 198.000.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda dan kita smua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *