5 Susu Formula Terbaik untuk Balita Usia 1 – 3 Tahun

Diposting pada

SUSU formula terbaik untuk balita 1 – 3 tahun. Hampir sudah umum seorang ibu memberikan asupan susu formula atau produk susu lain karena berbagai alasan. Misalnya Bunda adalah pekerja sejak pagi sampai petang hari.

Selain itu, adakalanya produksi susu ibu menurun belakangan sehingga tidak mampu memenuhi nutrisi si kecil. Padahal, setelah anak usia 1 tahun dan banyak aktivitas, mereka memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak dan berkualitas.

Salah satu jalan keluar adalah dengan memberi asupan susu formula. Ada beberapa susu formula terbaik untuk balita 1 – 3 tahun yang bisa Bunda pilih.

Dokter pun tidak melarangnya Bunda memberikan asupan susu formula kepada si kecil untuk menunjang pertumbuhan fisiknya maupun otaknya. Dr Badriul Hegar, PhD, SpA(K) dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta mengatakan secara teori, anak usia di atas satu tahun, susu sudah jadi asupan pendamping. Yang utama, ya makanan padat.

Baca – 5 Peringkat Susu Fomula Terbaik untuk Bayi 0 – 6 Bulan

“Jadi, jadwal makannya untuk makanan padat tiga kali sehari, lalu camilan dua kali. Boleh kalau mau ditambahkan susu,” ungkap dr Hegar seperti dikutip oleh health.detik.com.

Untuk kepastiannya, anak perlu ditimbang sehingga diketahui berat badannya sudah ideal belum. Jika belum, ya bisa ditambah minum susu 2 kali sehari.

5 Susu Formula Terbaik Untuk Balita 1 – 3 Tahun dan Harganya

susu formula terbaik untuk bayi 1 - 3 tahun

Berikut ini beberapa susu formula terbaik untuk balita 1 – 3 tahun. Bunda bisa memilih mana yang cocok dengan selera si kecil, selain dari harga dan kualitas susu.

1. Susu Formula Anak, Lactogrow 3

Susu formula khusus untuk si kecil berusia 1-3 tahun yang diperkaya dengan 12 vitamin, 7 mineral, minyak ikan dan lactobacillus reuteri tanpa perasa.

Selain itu, susu ini juga mengandung asam linoleat (omega 6), asam alfa-linolenat (omega-3) dan lactobacillus reuteri. Berbagai kandungan itu sangat penting untuk kesehatan saluran cerna si kecil. Sebab, 80% sistem imunitas berada di dalam saluran cerna.

Kandungan kalsium juga tidak kalah pentingnya dalam susu formula ini. Kegunaannya untuk memperlancar pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan giginya.

Baca – 7 Harga Susu Formula Bayi Yang Kualitasnya Mendekati ASI

Zat besi dalam susu formula ini akan membuat pengiriman oksigen di dalam darah ke seluruh tubuh berjalan bak dan lancar. Anak pun akan tumbuh sehat dan cerdas.

Harga susu formula terbaik untuk anak Lactogrow 3 dari yang terendah Rp 48.500 – Rp 123.000.

2. Susu Formula Anak, Similac Gain Plus 3

Merk susu formula anak lainnya dan juga bagus untuk Bunda pilih adalah susu Similac Gain Plus Advance 3. Susu ini mengandung zat besi, yakni komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, susu formula terbaik untuk bayi ini juga mengandung 12 vitamin dan 9 mineral.

Kandungan kalsiumnya juga tinggi. Berperan untuk pembentukan tulang dan gigi serta mempertahankan kepadatannya.

Susu formula anak 1-3 tahun Similac Gain Plus Advance 3 bisa memberikan asupan gizi tambahan yang diperlukan oleh anak. Sekaligus mengurangi potensi anemia (kurang darah) pada anak.

Susu ini diproduksi dengan campuran minyak nabati (minyak bunga matahari tinggi oleat, minyak kelapa dan minyak kedelai). Jadi, sangat aman untuk anak. Tidak akan mengalami kegemukan (obesitas).

Kandungan lain dalam susu formula untuk anak ini adalah AA, DHA, kolin, taurin, vitamin, dan mineral. Berguna untuk meningkatkan sistem kerja IQ dan pembentukan membran sel.

Baca – 8 Merk Susu Formula yang Bayi Sedang Diare

Dengan itu, tubuh si kecil bisa tumbuh maksimal. Harga susu formula terbaik ini adalah Rp 249.000.

3. Susu Formula Anak, Nutricia Nutrilon Royal 3

Susu formula Nutricia Nutrilon Royal 3 ini diproduksi dengan inovasi kandungan nutrisi baru. Yakni, kombinasi emas ActiDuoBio+. Fungsinya bisa memperkuat pertahanan tubuh dan kemampuan berpikir si anak.

Dengan FOS:GOS 1:9, anak akan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Kandungan Omega 3, DHA, Omega 6, dan zat besi bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan motorik anak.

Susu ini rasanya gurih sehingga anak sangat senang meminumnya. Apalagi ada rasa vanila dan rasa madu. Harga susu formula terbaik ini adalah dari Rp 87.000 – Rp 371.000.

4. Susu Formula Anak SGM Eksplor 1 Plus

Susu formula SGM Eksplor 1 Plus juga bagus untuk Bunda pilih. Sebab, susu SGM ini punya formula complinutri yang akan memberikan nutrisi penting kepada si kecil.

Kandungan penting dalam susu formula ini adalah minyak ikan, omega 3, serat pangan inulin, zink, vitamin C, vitamin D dan kalsium. Semuanya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan badan si anak.

Baca – Susu Penambah Berat Badan Untuk Orang Dewasa

Dengan berbagai nutrisi tersebut, anak juga akan tumbuh cerdas dan kreatif. Takaran konsumsi susu ini 3 kali sehari. Harga susu formula SGM adalah harga termurah Rp 81.000.

5. Susu Formula Anak Puregrow Organic 1+

Sesuai dengan namanya, susu formula ini diproduksi dari susu sapi organik. Maksudnya, sapi hanya mengonsumsi rumput asli tanpa menggunakan zat kimia.

Selain itu, juga tidak mengandung gula tambahan. Maka, anak tidak akan mengalami kegemukan (obesitas) dengan minum susu Puregrow Organic 1+ ini.

Meskipun demikian, susu ini terasa manis dan gurih. Anak pasti menyukainya.

Kandungan lain berupa zat besi. Sangat penting agar jantungnya selalu sehat. Kandungan Omega 3 dan 6 untuk meningkatkan kecerdasannya.

Juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Bisa menjaga daya tahan (imunitas) tubuh anak. Dengan cara itu, anak tidak mudah sakit sekaligus tubuhnya tumbuh dengan baik.

Harga susu formula terbaik untuk balita 1 – 3 tahun ini adalah Rp 188.000.

Penutup

Sesungguhnya anak yang sudah berusia 1 tahun lebih tak perlu konsumsi susu. Tetapi jika berat badannya masih di bawah berat bedan anak ideal, ya masih bisa diberi minuman susu formula, misalnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan putra-putri Bunda. Punya pengalaman menarik dan punya pendapat dengan perbincangan masalah susu formula untuk balita 1 – 3 tahun ini, tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih atas kehadirannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *