Categories: Berita Kesehatan

6 Susu Penambah Berat Badan Bayi Prematur

JIKA Bunda ditakdirkan punya bayi lahir prematur, apa yang harus Bunda lakukan biar bayi tetap tumbuh sehat dengan berat badan terus naik? Salah satu caranya adalah memberikan susu penambah berat badan bayi prematur.

Ya, punya bayi lahir prematur terkadang tidak bisa dihindari karena berbagai masalah. Bahkan, ada Bunda yang dua anaknya lahir prematur. Baik untuk pertama maupun anak kedua.

Ini terjadi akibat pengapuran plasenta yang dialami Bunda ketika hamil.

Akibat terjadinya pengapuran plasenta, maka bayi dalam kandungan tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Apa yang dikonsumsi ibu yang seharusnya sebagian untuk si bayi, tak bisa nyampai.

Kondisi ini membuat berat badan calon bayi sulit naik. Itu terjadi sampai calon bayi lahir secara prematur.

Baca – 5 Merk Susu Terbaik untuk Menambah Berat Badan Bayi

Pertanyaannya, bagaimana perkembangan dan pertumbuhan badan bayi setelah lahir? Apa yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan badan bayi supaya menjadi normal?

Susu Penambah Berat Badan Bayi Prematur

 susu penambah berat badan bayi prematur  susu penambah berat badan bayi prematur

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan jika si kecil lahir prematur. Dengan cara ini, berat badan bayi bisa meningkat cepat seperti halnya bayi yang lahir normal.

Dikatakan bobot bayi normal jika berat badannya saat lahir adalah minmal 1800 gram. Setelah lahir, penambahan berat badan diharapkan 15 gram perhari. Salah satunya dengan memberi si kecil susu penambah berat badan bayi.

1. Berikan ASI Eksklusif

Cara terbaik untuk memberikan nutrisi kepada bayi pada usia 0 – 6 bulan adalah air susu ibu (ASI). Sebab, ASI eksklusif mengandung gizi yang sangat lengkap dan tinggi kualitasnya.

Tetapi, bagaimana jika ASI yang dihasilkan Bunda tidak mencukupi? Ya, adakalanya Bunda tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup. ASI sangat sulit keluar karena produksinya yang rendah.

Tentu saja, dalam kondisi demikian, Bunda bisa menambahkan susu formula untuk bayi biar pertumbuhan badan si kecil tidak terhambat. Jadi, susu formula sebagai pelengkap dari ASI, bukan sebagai susu utama.

Baca – Mengonsumsi Susu SGM Biar Bayi Cepat Gemuk

Namun demikian, Bunda harus terus berusaha meningkatkan produksi ASI. Misalnya dengan meningkatkan asupan gizi ibu, jangan stres, melakukan pumping rutin, memijat-mijat payudara, istirahat cukup, mengonsumsi herbal yang aman seperti fenugreek atau daun katuk.

Kecuali ada faktor yang mengharuskan bayi tidak mengonsumsi ASI. Misalnya Bunda dalam kondisi sakit yang membuat dia tidak bisa menyusui si kecil secara langsung.

Bagaimanapun, kualitas ASI tetap lebih baik dari susu buatan. Tetapi seberapa banyak susu formula dibutuhan, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter langganan Bunda.

2. Berikan ASI Tiap 3 Jam Sekali

Jika produksi ASI lancar, maka Bunda perlu memberikan ASI kepada si bayi tiap 3 jam sekali. Diharapkan, dengan minum ASI secara teratur tiap 3 jam sekali, berat badan bayi bisa terus meningkat 30 gram per hari.

Tanda bahwa si bayi cukup mendapatkan cairan dan nutrisi adalah kalau buang air kecil 6 kali sehari, mulut dan lidahnya tampak basah, dan bayi tampak puas usai menyusu Bunda.

3. Diberikan Vitamin dan Zat Besi

Adakalanya dokter memberikan saran agar si bayi yang lahir prematur diberi tambahan penguat dari suplemen. Tujuannya bisa menambahkan kalori untuk mempercepat pertumbuhan badan bayi.

Misalnya dengan menambahkan suplemen vitamin dan zat besi untuk diminum. Tetapi, batasi peggunaan kalori agar digunakan maksimal untuk tumbuh.

Baca – 8 Tips Minum Susu Herbalife Biar Badan Gemuk

Selain itu, hindari pegang bayi mendadak atau secara kasar sehingga bayi kaget. Cara ini bisa membuat bayi kehilangan energi secara sia-sia.

4. Suhu Ruangan Harus Cukup

Suhu ruangan di mana si bayi ditempatkan harus dalam kondisi sedang. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Yakni, suhu tubuh bayi harus selalu dalam kisaran 36,5º – 37,5ºC.

Jika bila pipis, popoknya juga harus segera diganti. Jika bayi kedinginan atau gelisah, maka bayi harus dibungkus atau dibedong tetapi tidak terlalu ketat.

5. Cek Pertumbuhan Badan Bayi Secara Rutin

Periksakan atau cek pertumbuhan badan bayi secara rutin. Cek meliputi berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala setiap 2 minggu hingga 1 bulan sekali sesuai dengan anjuran dokter. Dengan mengetahui bobot si kecil, maka Anda bisa menentukan apa yang tepat dilakukan untuk si bayi.

Baca – Susu Penambah Berat Badan Orang Dewasa 20 Tahun ke Atas

Susu Penambah Berat Badan untuk Bayi Prematur

Berikut ini contoh susu penambah berat badan bayi prematur. Harga yang dicantumkan di sini hanya perkiraan. Satu toko dengan toko lain bisa memberikan harga tidak sama.

  1. Susu formula SGM BBLR Presinutri isi 200 gram untuk bayi prematur usia 0-6 bulan Rp 42.000.
  2. Susu formula SGM BBLR Presinutri 400 gram untuk bayi prematur usia 0-6 bulan Rp 72.000
  3. Susu SGM Gain 74 khusus untuk bayi prematur usia 0-12 bulan isi 400 gram Rp 65.000
  4. Susu formula Nestle Lactogen Premature isi 400 gram, Harga Rp 75.000
  5. Susu Nutribaby Royal Premature untuk bayi prematur dan BB rendah isi 400 gram Rp 110.000
  6. Susu formula Abbott Similac Neosure untuk bayi prematur isi 370 gr, Harga Rp 145.000.

Demikian artikel mengenai susu penambah berat badan bayi prematur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago