KAYU manis selain untuk bumbu masak, ternyata juga berkhasiat menyembuhkan penyakit diabetes. Banyak orang sudah mencobanya. Jika kayu manis dibuat minuman, berapa takaran rebusan kayu manis untuk diabetes?

Tidak hanya untuk menyembuhkan diabetes akibat kadar gula darah yang tinggi, kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit lain.

Seorang pengguna, Diana Endri Rosisca, mengatakan bahwa setelah mengonsumsi rebusan kayu manis, maka 3 – 4 hari kemudian kadar gula darah perlu dicek. Ya, ini sangat penting jangan sampai gula darah drop (turun dratis). Ini juga berbahaya.

Tiap hari dia minum 2 kali. Yakni setelah bangun pagi dan menjelang tidur malam. Ini takaran minum bagi Anda yang sudah kena diabetes. Kegunaannya bisa menurunkan gula darah.

Bagi Anda yang sehat atau tidak punya penyakit diabetes bisa minum rebusan kayu manis 1 kali / hari. Fungsinya sebagai pencegahan agar tidak terkena sakit diabetes.

Bahasan berikutnya tentang (1) masih pengalaman Diana Endri mengonsumsi rebusan kayu manis, (2) berbagai resep membuat minuman dari kayu manis, dan (3) kandungan kayu manis sehingga mampu mengatasi penyakit diabetes. Semoga Anda selalu sehat, terbebas dari diabetes. 

takaran rebusan kayu manis untuk diabetes

Setelah Minum Rebusan Kayu Manis, Badan Terasa Ringan, Tidak Capai, Rasa Pusing Pun Hilang

Diceritakan oleh Diana Endri Rosisca, setelah 3 hari minum rebusan kayu manis, badan terasa ringan dan tidak mudah capai. Rasa pusing yang sering muncul juga hilang.

Minuman kayu manis memang terasa agak tawar karena tanpa gula. Rasa minuman seperti itu tentu saja cocok bagi penderita diabetes yang harus menghindari minuman dan makanan manis akibat gula darah yang tinggi.

Pusing kepala yang sering dia alami sebelumnya jika cuaca panas atau capai habis kerja juga hilang.

Tidak hanya mengendalikan kadar gula darah. Mengonsumsi minuman atau rebusan kayu manis juga bisa mengurangi kadar LDL/kolesterol, punya senyawa anti infeksi, mengurangi rasa sakit karena artritis, mencegah perkembangan sel kanker, dsb.

Takaran Rebusan Kayu Manis untuk Diabetes – Jangan Sampai Gula Darah Drop

Berikut ini resep tentang takaran rebusan kayu manis untuk diabetes atau resep kayu manis untuk diabetes dari Diana Endri Rosisca.

Yang perlu Anda siapkan adalah 3 batang kayu manis sebesar jari telunjuk dan 1 liter air. Lalu, rebuslah kayu manis dengan air yang telah Anda siapkan.

Sesudah air rebusan berubah warna menjadi kemerahan, maka kecilkan apinya. Perebusan tetap berlangsung sampai warna airnya menjadi merah kecoklatan dan tersisa 2,5 gelas saja. Perebusan kayu manis selesai.

Setelah airnya agak dingin, maka air rebusan kayu manis disaring dan siap diminum.

Sesudah mengonsumsi rebusan kayu manis 3-4 hari, lakukan pengecekan kadar gula darah. Jika gula darah sudah normal, minum rebusan kayu manis cukup sekali sebagai pengendali agar tidak naik lagi.

Tetapi, juga jangan sampai gula darah turun terlalu rendah. Ini juga kondisi tidak sehat.

Resep Lain tentang Kayu Manis untuk Mengatasi Diabetes

Anda juga bisa mencoba resep lain untuk membuat minuman kayu manis guna menyembuhkan sakit diabetes. Antara lain:

Dibuat Minuman

Ini cara lain untuk membuat minuman dari kayu manis. Berbeda dengan cara di atas, di sini Anda tidak perlu merebus kayu manis. Cukup menyediakan air putih satu gelas, sepotong kayu manis 2 inci atau kulitnya.

Bahan kayu manis direndam dalam air segelas semalam. Pagi harinya saat perut masih kosong, minumlah air rendaman kayu manis.

Pemanis Alami untuk Kue

Kayu manis bisa dijadikan bahan pemanis alami pengganti gula. Meskipun rasanya tidak semanis gula. Bahan kayu manis bisa dicampurkan pada bahan pembuat makanan lainnya seperti saat membuat kue.

Tambahkan pada Minum Teh atau Kopi

Cara lain mengonsumsi kayu manis adalah tambahkan sedikit bubuk kayu manis pada minuman teh atau minuman kopi. Minuman kopi atau teh akan lebih nikmat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Tambahkan Kayu Manis ke Oatmeal

Rebus oatmeal dengan taburan bubuk kayu manis. Anda juga dapat menambahkan madu. Kayu manis akan membuat semangkok buah dan sereal terasa enak.

Kayu Manis Mengandung Beberapa Senyawa Anti-Diabetes

Apa saja kandungan kayu manis sehingga mampu menurunkan gula darah yang tinggi ? Ya, kayu manis memang mengandung beberapa senyawa anti-diabetes. Manfaat kayu manis untuk mengatasi penyakit gula darah tinggi atau diabetes, antara lain:

1. Mampu menurunkan laju glukosa yang memasuki tubuh kita.

2. Membantu menjaga tingkat gula darah puasa pada orang yang menderita diabetes tipe-2.

3. Meningkatkan sistem pencernaan yang langsung berkaitan dengan masalah diabetes. Ini sangat penting karena saluran pencernaan yang sehat akan memproses, mencerna gula, dan membuang kelebihan gula agar kadar gula dalam darah tetap terkendali dan Anda pun sehat.

Pilihan lain: Anda juga bisa memanfaatkan daun kersen untuk mengatasi diabetes.

Penutup

Demikian artikel mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan, khususnya kesehatan diabetes. Anda bisa membuat rebusan kayu manis untuk diabetes.

Kayu manis bisa dibuat berbagai macam minuman sehingga rasanya segar, meski tidak begitu manis. Yang penting Anda bisa mengatasi sakit diabetes dengan takaran rebusan kayu manis.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website