6 Terapi Skoliosis yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Diposting pada

ANDA bisa melakukan terapi skoliosis sendiri agar kelainan pada tulang belakang bisa teratasi. Penderita skoliosis memiliki tulang belakang yang melengkung atau bengkok. Ketinggian bahu kanan dan bahu kiri berbeda.

Jika tulang belakang normal, kedua bahu tampak sejajar atau sama rata. Kondisi tulang belakang yang tidak normal itu bisa dideteksi atau diketahui ketika anak berusia 10 – 15 tahun.

Jika diketahui anak Anda memiliki bahu yang ketinggiannya berbeda, coba segera diatasi. Cek tulang punggungnya. Benarkah melengkung atau bengkok. Jika ya, maka segera lakukan terapi. Anda bisa melakukan terapi sendiri.

Jika tidak bisa melakukan terapi sendiri, ya periksakan ke dokter. Jangan sampai terapinya terlambat. Terapi dini bisa mencegah berkembangnya penyakit skoliosis. Artinya, penyakit itu bisa diatasi atau disembuhkan.

6 Jenis Terapi Skoliosis Sendiri yang Bisa Anda Coba LakukanĀ 

terapi skoliosis sendiri

Berikut ini beberapa bentuk terapi skoliosis yang bisa dilakukan untuk mengatasi tulang belakang bengkok atau melengkung (penyakit skoliosis).

1. Brace untuk Anak Usia 25 – 35 Tahun

Kondisi lengkungan tulang belakang (skoliosis) tiap orang tidak sama. Terapi brace biasanya dilakukan untuk mereka yang lengkungan tulangnya 25 – 35 derajat.

Untuk terapinya, Anda bisa menggunakan alat penyangga tulang belakang bisa dipakai sepanjang tubuh bagian panggul hingga ketiak.

Terapi skoliosis ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan brace sejak usia remaja. Tujuannya untuk menjaga biar pertumbuhan tulang belakang tetap sejajar. Dengan cara ini diharapkan kondisi tulang belakang yang bengkok tidak makin parah.

Brace bisa mengurangi lengkung atau kurva tulang belakang, mengurangi rasa sakit, memperbaiki postur tubuh, memperlambat pertumbuhan kurva, membuat bahu dan pinggang sejajar.

Alat brace ini bisa dipakai sehari-sehari ketika Anda beraktivitas. Saat tidur, brace bisa dilepas. Berapa harga brace? Harganya Rp 5.000.000 dan Rp 2 jutaan.

2. Fisioterapi Mengatasi Rasa Nyeri

Dengan terapi fisioterapi, Anda akan dilatih tentang bagaimana cara mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh posisi tulang belakang yang bengkok. Selain itu, Anda akan diberi latihan terapi tambahan untuk memperbaiki kondisi tulang belakang.

3. Yoga Memperbaiki Postur Tubuh

Senam yoga juga bisa digunakan sebagai terapi skoliosis yang cukup membantu. Yoga merupakan latihan yang gerakannya bisa memperbaiki postur tubuh seseorang, salah satunya adalah skoliosis.

Penelitian mengenai skoliosis mengatakan bahwa posisi yoga dasar seperti plank, bisa membantu memperbaiki skoliosis idiopatik. Hal ini berlaku pada para peserta penelitian yang melakukan yoga seminggu 3 kali secara rutin.

4. Operasi untuk Skoliosis Keturunan/Kecelakaan

Terapi lain adalah operasi. Tetapi, jika masih bisa dilakukan cara lain, oeperasi sebaiknya dihindari. Operasi biasanya dilakukan terhadap skoliosis turunan atau akibat kecelakaan.

Dalam kasus kecelakaan, biasanya tulang vertebratanya rontok. Maka, tidak ada jalan lain kecuali harus dilakukan operasi. Demikian pula untuk skoliosis akibat keturunan.

5. Terapi Minum Obat atau Suntik

Untuk penderita orang dewasa, terapi tulang belakang bengkok bisa dilakukan dengan minum obat. Biasanya, penderita sering merasakan nyeri yang berat di bagian punggung.

Atau diberikan suntikan kepada penderita yang mengalami tekanan pada saraf tulang belakang. Biasanya penderita merasa nyeri, kaku dan kesemutan.

Tetapi, suntikan ini hanya bekerja untuk waktu yang pendek. Misalnya selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

6. Minum Obat Herbal Skoliosis

Anda juga bisa minum obat herbal skoliosis. Banyak obat herbal mengenai skoliosis yang dijual di toko online. Antara lain Walatra Sehat Sendi. Sepenuhnya obat herbal ini dibuat dari akar kuning, bratawali dan daun salam. Harga obat herbal ini Rp 320.000 isi 100 kapsul. Pilihan lain adalah QNC Jelly Gamat dan Calcium Softgel Capsule.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *