11 Tips Berpuasa bagi Penderita Maag

Diposting pada

ANDA punya penyakit maag, tetapi tetap ingin berpuasa di bulan Ramadhan? Selama berpuasa, produksi asam lambung meningkat karena dalam waktu 14 jam Anda tidak mengonsumsi sesuatu makanan.

Meningkatnya produksi asam lambung bisa mengakibatkan timbulnya penyakit maag atau peradangan. Gejala sakit maag antara lain sakit di bagian perut, mual, muntah, dan perut kembung.

Berikut ini 11 tips bagi Anda yang punya penyakit maag agar puasa Anda tetap berjalan dengan baik selama satu bulan penuh.

1. Percepat Makan Saat Berbuka

Maksudnya mempercepat makan adalah begitu waktu berbuka (maghrib) tiba, Anda sebaiknya segera mengonsumsi makanan secukupnya.

Ini akan membantu kesehatan lambung Anda dan terhindar dari penyakit maag. Maag pun tidak kambuh lagi.

tips puasa bagi penderita maag

2. Mengakhirkan Waktu Sahur

Ini kebalikan dari waktu berbuka. Jika waktu berbuka dianjurkan untuk cepat-cepat mengonsumsi sesuatu, maka ketika sahur justru dianjurkan mendekati waktu imsak (batas akhir waktu sahur).

Ya, tujuannya supaya Anda tetap sehat di siang hari. Tidak merasa cepat lapar.

Nabi Muhammad sendiri dalam hadisnya menganjurkan kita umat Islam yang menjalankan puasa Ramadhan untuk mempercepat buka puasa dan mengakhirkan waktu sahur.

Ini adalah cara berpuasa yang selalu membuat tubuh sehat dan kita tetap bisa bekerja dengan baik pada siang hari.

3. Banyak Mengonsumsi Makan Berserat Tinggi

Ketika makan sahur, Anda sebaiknya memilih makanan yang tinggi kandungan seratnya. Contohnya mengonsumsi almond, buah pisang, oatmeal, kentang dan gandum utuh.

Makanan dengan serat tinggi membuat Anda tidak cepat merasa lapar. Sebaliknya, Anda akan merasa tetap kenyang untuk waktu yang agak lama.

Buah kurma juga sangat baik dikonsumsi waktu sahur ataupun waktu berbuka. Buah kurma membuat perut tidak cepat merasa lapar sehingga maag tidak kambuh.

4. Hindari Makanan Pedas

Ya, makanan pedas bisa membuat penyakit maag Anda kambuh. Baik pedas akibat makan cabai, merica, atau lada. Maka, sebaiknya Anda hindari makanan pedas itu.

Bagi Anda yang punya hobi makan makanan pedas, ya coba hobinya sementara dihentikan. Yang penting sehat lambung dulu.

5. Hindari Minuman Kopi dan Soda

Minuman kopi dan minuman bersoda sebaiknya Anda hindari selama berpuasa. Minuman kopi bisa membuat asam lambung meningkat dan terjadilah sakit maag. Minuman bersoda juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita sakit maag.

6. Tidur Setelah Makan Sahur

Setelah selesai sahur, Anda sebaiknya tidak kembali tidur. Termasuk ibu-ibu yang habis menyiapkan hidangan makan sahur. Tidur kembali setelah makan sahur bisa membuat asam lambung meningkat dan maag kambuh.

7. Hindari Makanan yang Mengandung Banyak Gas

Makanan yang mengandung banyak gas antara lain sayuran sawi, kol, nangka, dan pisang ambon.

8. Hindari Konsumsi Keju, Gorengan, Kue Kering, dan Cokelat.

Makanan yang disebutkan pada angka 8 ini harus Anda hindari karena bisa memperlambat kerja lambung. Akibatnya, produksi asam lambung pun meningkat. Efeknya, penyakit maag Anda kembali kambuh.

9. Minum Obat Maag setelah Makan Sahur

Bagi penderita maag kronis, sebaiknya Anda minum obat maag setelah makan sahur. Baik obat resep dokter, obat bebas ataupun obat herbal.

10. Hindari Makanan yang Membuat Asam Lambung Meningkat

Makanan – makanan itu antara lain cokelat, gorengan, buah yang asam seperti jeruk, lemon, dan tomat.

11. Hindari stres.

Stres jarus Anda hindari selama bulan Ramadhan atau sesudahnya karena cara itu justru meningkatkan volume asam lambung. Ujung-ujungnya, penyakit maag akan meningkat.

12. Mengonsumsi Obat Herbal Anti-Maag

Anda bisa mengonsumsi obat herbal maag atau obat sakit maag lainnya. Untuk obat herbal, banyak pilihan untuk Anda. Misalnya, Madu Maag, Moringan de Nature, Jelly Gamat, Natural Chlorophillin, Kapsul Herba Maag, dsb.

Penutup

Demikian artikel mengenai 11 tips berpuasa bagi penderita penyakit maag (asam lambung). Saat memasuki bulan Ramadhan, Anda sebaiknya menjaga kesehatan diri biar mampu menjalani puasa Ramadhan.