veneer gigi gaga

Veneer Gigi Gagal, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

VENEER gigi gagal. Mengapa bisa terjadi demikian? Apa penyebab veneer gigi gagal? Bagaimana cara mengatasi dan mencegah terjadinya veneer gigi gagal?

Veneer gigi gagal sesungguhnya hal biasa. Ada sukses tentu saja ada gagal. Ada baik ada buruk. Ada siang ada malam, dan seterusnya.

Yang terpenting, kegagalan harus menjadi pelajaran bagi kita semua biar ke depan tidak gagal lagi. Bagi pemula, kegagalan orang lain harus menjadi pelajaran supaya kita tidak gagal.

Demikian pula dalam veneer gigi yang bermasalah. Supaya Anda yang sudah pasang veneer gigi atau yang ingin pasang veneer tidak gagal, maka kegagalan orang lain harus kita pelajari. Tujuannya supaya kita tidak mengalami hal yang sama. Yakni, gagal dalam penggunaan veneer untuk merapikan dan memutihkan gigi.

Penyebab Veneer Gigi Gagal dan Contohnya

Apakah veneer gigi itu? Veneer gigi adalah prosedur kecantikan untuk memperbaiki kondisi gigi. Tujuannya supaya gigi tampak rapi, putih, dan cantik.

veneer gigi gagal

merawat veneer gigi (foto:fdcdental.co.id)

Perbaikan gigi menyangkut warna, bentuk, posisi gigi, dan gigi yang patah. Warna gigi tampak kuning, cokelat atau yang lain.

Baca – Biaya Tambal Gigi Depan yang Patah

Cara pemasangan veneer gigi adalah permukaan gigi depan ditutup dengan lapisan penutup gigi atau veneer yang sudah disiapkan.

Ada jenis veneer yang terbuat dari porselen dan bahan komposit resin. Anda bisa memilih bahan mana yang Anda suka. Beda bahan beda harga.
Pemasangan veneer gigi harus dilakukan oleh dokter gigi yang punya keahlian pasang gigi veneer (profesional). Pemasangan veneer memerlukan beberapa kali pertemuan dengan dokter.

Veneer gigi yang mengalami kegagalan biasanya dilakukan bukan pada dokter gigi yang berkompeten. Lapisan veneer dipasang sembarangan. Contohnya, gigi veneer tidak saling tersambung antara gigi yang satu dengan gigi lainnya.

Kondisi ini dapat mengakibatkan adanya celah di antara gigi dan sisa makanan bisa tersimpan di tempat itu. Dalam waktu lama, sisa makanan yang masuk ke sela gigi makin banyak. Kondisi ini menyebabkan banyak bakteri yang muncul dan berkembang biak.

Mengakibatkan banyak plak atau karang gigi yang akhirnya bisa merusak gigi seperti gigi berlubang.

Jadi, apa saja penyebab pemasangan veneer gagal?

Penyebabnya antara lain:

1. Pemasangan veneer tidak dilakukan oleh dokter gigi yang punya kualifikasi untuk memasang veneer gigi.

2. Banyaknya sisa makanan yang tersimpan di sela gigi akibat pemasangan veneer tidak rapi dan sempurna. Ini penyebab karang gigi dan gigi berlubang.

Baca – 8 Alat Pemutih Gigi yang Terbaik dan Pemakaian Mudah

Cara Mencegah dan Mengatasi Veneer Gigi Gagal

Berikut ini cara mencegah dan mengatasi veneer gigi yang gagal. Lakukan dengan baik sehingga Anda bisa terhindar dari veneer gagal.

1. Jangan mengonsumsi makanan yang teksturnya keras

Hindari konsumsi makanan yang teksturnya keras. Jika Anda memaksakan diri menggigit makanan yang keras, gigi bisa rusak atau patah. Es juga termasuk keras sehingga perlu hati-hati.

Sebelum Anda konsumsi, kata Drg. Richyani Swanghayu Putri, MM, makanan yang keras sebaiknya Anda potong kecil-kecil sehingga gigi Anda bisa mengunyahnya dengan mudah. Misalnya mengomsumsi buah.

Demikian pula mengonsumsi makanan berwarna. Sebaiknya Anda hindari atau segera berkumur sehingga veneer gigi tetap sehat dan mampu bertahan lama.

2. Lakukan Perawatan dan Pembersihan Kotoran di Gigi

Meskipun Anda sudah rajin menggosok gigi, Anda tetap perlu membersihkan kotoran di gigi yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi.
Misalnya kotoran di sela-sela gigi. Bahkan, ada juga yang telah muncul adanya plak atau karang gigi. Perawatan untuk mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

3. Periksa Dokter Gigi Secara Periodik.

Periksa dokter gigi secara periodik sesuai dengan petujuk dokter. Ya, ini sangat penting untuk menjaga supaya veneer gigi tetap baik. Jika ada hal-hal yang perlu perawatan, dokter bisa segera menanganinya.

Baca – 9 Pemutih Gigi Alami Mudah dan Murah Cepat Sukses

Dengan perawatan secara baik, Anda bisa terhindar dari veneer gigi yang gagal. Veneer gigi Anda akan tetap terjaga dengan baik sehingga mampu bertahan lama. Veneer dengan bahan komposit bisa bertahan sampai 10 – 15 tahun dan veneer dengan bahan komposit bisa bertahan 5 – 7 tahun.

Demikian artikel mengenai Veneer Gigi Gagal – Penyebab dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat untukAnda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *