Veneer Gigi – Cara Membuat Gigi Anda Tampak Indah dan Putih

Diposting pada

ANDA punya gigi yang bentuk, ukuran dan warnanya tidak bagus? Jangan khawatir. Anda bisa memperbaikinya dengan memasang veneer gigi pada gigi yang Anda inginkan bisa tampil indah dan putih.

Apakah veneer gigi itu? `

Veneer gigi adalah bahan khusus yang dibuat untuk menutupi gigi yang cacat atau tampil tidak bagus menjadi gigi yang bentuk dan ukurannya sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Demikian pula untuk warnanya. Juga bisa tampil sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Misalnya, gigi menjadi tampak lebih putih.

Cara menggunakan veneer yang sudah disiapkan sesuai dengan permintaan Anda adalah veneer ditempelkan pada gigi yang Anda inginkan tampil indah.

Tentu saja, sebelumnya ada proses perbaikan gigi supaya sesuai dengan keinginan Anda dan gigi mampu bertahan lama. Jika gigi berlubang, maka lubangnya harus ditutup atau ditambal lebih dulu.

Veneer Gigi Bisa Menggunakan Bahan Resin atau Porselen

veneer gigi

(foto:vebma.com)

Ada dua bahan yang digunakan untuk membuat veneer gigi. Yaitu, dari bahan resin dan porselen. Anda bisa memilih salah satunya. Harga keduanya berbeda.

Sebelum veneer gigi dipasang, dokter lebih dahulu akan mengecek kondisi kesehatan gigi. Selain itu, juga mengukur gigi untuk pembuatan cetakan veneer gigi (untuk veneer gigi dari bahan porselin).

Pengecekan kesehatan gigi dan mulut perlu dilakukan supaya tidak terjadi masalah di belakang hari. Pengecekan untuk memastikan Anda tidak punya penyakit gigi dan gusi. Misalnya punya gigi berlubang, penyakit gusi, perdarahan gusi, penyakit akar gigi, dsb.

Selain itu, kata dr. Tjin Willy dari alodokter.com, dokter juga akan melakukan foto rontgen panoramik gigi. Tujuannya untuk memastikan gigi pasien benar-benar dalam keadaan sehat.

Tetapi jika ternyata pasien diketahui punya masalah kesehatan mulut dan gigi, tentu saja hal itu perlu diatasi lebih dulu. Gigi yang sakit harus disembuhkan dulu. Gigi berlubang harus ditambal lebih dulu, dsb.

Jika Anda Ingin Pemasangan Veneer Gigi dengan Harga Murah

Jika pemeriksaan awal telah selesai, maka dokter akan melangkah ke tahap berikutnya, yakni penggerusan gigi yang ingin dipasangi veneer. Penggerusan gigi dilakukan untuk membuang lapisan enamel gigi.

Penggerusan dapat menggunakan bius lokal atau tidak pakai bius. Ya, penggerusan enamel dilakukan berdasarkan pada jenis venner gigi yang dipilih pasien.

Lalu, gigi diukur menggunakan alat cetakan khusus. Hasil pengukuran dijadikan dasar pembuatan veneer.

Dokter juga akan meminta pasien untuk menggunakan kawat gigi sementara. Ini dilakukan agar gigi menjadi rapi. Setelah gigi rapi, barulah veneer gigi dipasang.

Pembuatan veneer gigi dilakukan di laboratorium sekitar 2 – 4 minggu. Jenis veneer sesuai dengan keinginan pasien. Pasien bisa memilih yang direct veneer atau indirect veneer.

Yang indirect veneer lebih mahal harganya. Yakni, lebih dari Rp 5 juta per gigi. Lebih mahal karena lebih tahan lama. Veneer dibuat dari porselin. Yang direct veneer lebih murah, yaitu Rp 3 juta – Rp 5 juta. Dibuat dari bahan resin komposit.

Kalau Anda ingin harga murah, ya pilih veneer gigi dari resin komposit. Veneer langsung bisa dipasang. Bahkan, sekali kunjungan bisa terselesaikan.

Berbeda dengan pemasangan veneer gigi prep. Gigi harus digerus dulu sampai ke lapisan bawah email. Tujuannya supaya veneer terpasang dengan baik.

Cara ini lebih bagus hasilnya, tetapi prosesnya lebih berat. Bahkan, harus dilakukan bius lokal (anestesi) supaya pasien tidak merasa kesakitan.

Hal-hal yang Harus Anda Hindari supaya Gigi Awet

Tentu saja, pemasangan veneer gigi tidak bisa dilakukan untuk setiap orang. Mereka yang tidak bisa dipasangi veneer gigi adalah mereka yang giginya patah atau rusak.

Mereka dengan rongga antargigi tidak seragam. Gigi runcing atau bentuknya tidak wajar, gigi lebih kecil dari gigi-gigi di sebelahnya. Perubahan warna gigi tidak bisa dihilangkan dengan pemutih gigi.

Jika Anda telah memasang veneer gigi, maka ada hal-hal yang harus Anda perhatikan. Tujuannya supaya veneer gigi bisa bertahan lebih lama.

Veneer gigi dari bahan porselen umumnya bisa bertahan sampai 10-15 tahun. Veneer gigi dari bahan komposit mampu bertahan 5-7 tahun.

Biar veneer gigi Anda mampu bertahan lama, Anda harus sering merawatnya. Cara merawat gigi yang telah dipasangi veneer gigi antara lain:

  • Tidak membuka bungkusan atau benda keras lainnya dengan gigi
  • Tidak mengunyah es dan benda keras lainnya.
  • Tidak mengunyah makanan menggunakan gigi depan.
  • Gunakan pelindung mulut ketika Anda berolahraga.

Demikian artikel mengenai veneer gigi untuk membuat gigi Anda tampak indah dan putih. Siapa yang tidak ingin punya gigi yang indah dan menarik sehingga membuat Anda tambah cantik dan handsome? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.