4 Jenis Vitamin Untuk Ibu Menyusui Agar Bayinya Gemuk & Sehat

Diposting pada

MENGONSUMSI vitamin yang cukup sangat penting bagi ibu menyusui. Termasuk mengonsumsi vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat.

Dengan cara ini, Bunda bisa menghasilkan ASI yang berkualitas dan si kecil bisa tumbuh optimal.

Bunda bisa mendapatkan vitamin yang dibutuhkan dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan sehat.

Misalnya mengonsumsi buah dan sayur. Atau mengonsumsi suplemen vitamin atau melalui suntikan.

Bunda bisa memilih asupan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan baik. Kebutuhan vitamin untuk Bunda dan vitamin untuk si kecil.

Baca – 11 Vitamin Untuk Ibu Menyusui Biar Tidak Mudah Lelah

Ya, Bunda dan si bayi harus sama-sama sehat. Untuk bisa sehat, konsumsi makanan sehat dan vitamin sangat penting supaya bayi tumbuh sehat dan gemuk.

Pertanyaannya, vitamin apa saja yang diperlukan oleh Bunda?

vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat

Vitamin Yang Sangat Penting Bunda Konsumsi Agar Bayi  Gemuk dan Sehat 

Berikut berbagai vitamin yang harus Bunda konsumsi supaya Bunda dan si kecil sehat. Paling tidak mengonsumsi 2.000 kalori per hari. Selain itu juga mengonsumsi berbagai nutrisi yang harus Bunda penuhi.

Bunda bisa cek apakah makanan yang Bunda konsumsi setiap hari sudah memenuhi kebutuhan untuk membuat Bunda dan si kecil sehat?

Jika belum, tingkatkan konsumsi vitamin yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan si kecil agar  gemuk dan sehat. Berat badan anak bisa meningkat sesuai dengan ketentuan kesehatan.

1. Mengonsumsi Vitamin D Untuk Ibu Menyusui

Salah satu vitamin yang harus dikonsumsi oleh Bunda menyusui biar bayinya tumbuh sehat dan gemuk adalah Vitamin D.

Fungsi vitamin D adalah memperkuat tulang dan mencegah penyakit rakitis atau penyakit tulang lunak. Atau mencegah terjadinya pembengkokan tulang dan menghambat pertumbuhan tulang pada tubuh.

Dari mana Bunda bisa mendapatkan vitamin D? Bunda bisa mengonsumsi ikan khususnya ikan salmon, ikan haring, sarden, minyak hati ikan kod, ikan tun, kuning telur, hati sapi, susu kedelai, jamur, dan susu.

Selain itu juga berjemur matahari pagi selama 30 menit perhari.

2. Vitamin C Untuk Ibu Menyusui Agar Bayinya Gemuk

Bunda juga perlu mengonsumsi vitamin C selama menyusui si kecil. Ya, tujuannya agar si kecil tumbuh dengan baik dan lancar sehingga badannya tumbuh gemuk (ideal) dan sehat.

Selain itu, mengonsumsi vitamin C bisa memperlancar ASI. Daya tahan tubuh si kecil juga bisa meningkat sehingga mampu melawan berbagai macam penyakit.

Berapa Bunda harus mengonsumsi vitamin C?

Ya, 120 mg per hari. Vitamin C bisa Bunda peroleh dengan mengonsumsi buah jeruk, kiwi, tomat, kentang, strawberry, cabai merah, paprika merah, kangkung, brokoli, pepaya, bunga kol, dsb. Atau melalui suntikan vitamin C.

Sebaiknya Bunda memilih sayuran warna hijau dan buah warna terang. Sebab, kandungan nutrisinya beragam. Bisa meningkatkan berat badan si kecil dengan lancar.

3. Vitamin B6 Juga Bermanfaat Untuk Mata, Rambut dan Hati

Vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat yang lain adalah vitamin B6. Manfaat vitamin ini bisa mengubah karbohidrat menjadi energi dalam tubuh bayi.

Selain itu juga meningkatkan kesehatan rambut, mata dan hati. Bahkan juga kecerdasan si kecil.

Bagi Bunda sendiri, vitamin B6 bisa mengurangi vasospasme puting. Yakni terjadi penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, darah tidak bisa mencapai puting dan menyebabkan puting lecet dan nyeri.

Bunda bisa memperoleh vitamin B6 dengan mengonsumsi ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, susu, bayam, wortel, dan telur.

4. DHA Meningkatkan Kemampuan Otak dan Kemampuan Belajar

DHA adalah kependekan dari docosahexaenoic acid. Atau asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3. Vitamin yang sangat penting untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat.

Selain itu, DHA berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak, fokus dan kemampuan belajar si kecil. Tetapi akibat vitamin yang dikonsumsi Bunda mengalir ke pada si kecil melalui ASI, banyak Bunda yang kekurangan DHA.

Baca Juga:

Oleh karena itu, konsumsi DHA untuk ibu menyusui sangat penting. Misalnya mengonsumsi ikan, kedelai, kacang-kacangan dan labu.

Dengan demikian, Bunda bisa memenuhi kebutuhan konsumsi DHA.

Penutup

Vitamin untuk ibu menyusui memiliki berbagai macam manfaat. Antara lain bermanfaat untuk membuat tubuhnya gemuk dan sehat. Bunda bisa memilih yang terbaik untuk si kecil biar nantinya bayi tumbuh sehat dan berotak cerdas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *