Wedang Jahe untuk Asam Lambung, Bolehkah?

Diposting pada

WEDANG jahe untuk asam lambung. Anda suka minum wedang jahe? Maksudnya minuman dengan ramuan jahe. Ya, minuman jahe mirip dengan minuman serbat. Sebab, minuman serbat juga menggunakan bahan jahe.

Bagi penderita sakit asam lambung atau maag, Anda sebaiknya menghindari minuman jahe dan minuman serbat. Sebab, rasa dominan dari jahe adalah pedas. Rasa pedas disebabkan oleh senyawa keton bernamazingeron.

Demikian pula dengan minuman serbat. Juga terasa agak pedas seperti rasa minuman jahe. Meskipun pedasnya tidak seperti pedas sambal yang menggunakan cabai.

Makanan rasa pedas memang bisa menjadi penyebab sakit maag dan sakit asam lambung. Sebab, sering mengonsumsi makanan minuman rasa pedas bisa membuat permukaan lambung makin rapuh dan akhirnya terluka.

Baca – Biskuit yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Jika sudah demikian, maka yang terjadi berikutnya adalah Anda menderita sakit asam lambung atau maag.

wedang jahe untuk asam lambung

10 Hal Lain Yang Harus Dihindari Penderita Sakit Asam Lambung / Maag

Intinya, penderita asam lambung dan maag harus menghindari minuman rasa pedas. Apa pun bahan yang bisa membuat rasa pedas, baik jahe maupun serbat.

Jadi, wedang jahe untuk asam lambung berpengaruh negatif. Sebab, rasa wedang jahe agak pedas. Meskipn di sisi lain, wedang jahe menyegarkan karena dibuat menggunakan air panas / hangat.

Apalagi cabai yang jelas rasanya pedas. Bahkan, sangat pedas. Anda yang sudah punya sakit asam lambung dan maag harus berhati-hati.

Meskipun penyakit asam lambung sudah dinyatakan sembuh. Anda tetap harus hati-hati. Sebab, jika Anda kembali mengonsumsi makanan minuman rasa pedas terlalu sering, maka penyakit asam lambung bisa kambuh.

Baca – Roti Tawar Penyebab Sakit Asam Lambung

Jika kambuh, ya rasa sakit harus segera diatasi. Jangan dibiarkan sampai parah. Risikonya bisa menjadi asam lambung dan maag kronis.

Selain menghindari makanan minuman rasa pedas, menurut dr. Yusi Capriyanti dari alodokter.com, penderita sakit maag dan asam lambung juga harus:

1. Menghindari konsumsi makanan minuman rasa asam.

2. Menghindari makanan minuman bersantan

3. Jauhi makanan gorengan yang banyak minyaknya

4. Jauhi makanan minuman bergas tinggi=kopi, teh, alkohol, soda, kol, kembang kol, jahe, bawang, asparagus, kerupuk, dsb.

5. Jangan terlalu banyak makan. Usahakan makan dalam porsi kecil terbagi. Jika biasanya sekali makan satu piring penuh, ya kurangi sepertiga dan seterusnya. Pengurangan dilakukan bertahap. Makan porsi kecil, tetapi boleh makan sampai 5 – 6 kali sehari. Bukan hanya 3 kali.

Baca – Mengonsumsi Roti Regal Biar Maag Tak Kambuh

6. Hindari konsumsi obat-obatan yang merangsang sekresi asam lambung=AINS (ibuprofen, dll), Antibiotik tertentu, dll.

7. Hindari konsumsi coklat. Sebab, coklat mengandung kafein dan stimulan lainnya yaitu theobromine. Tidak hanya itu, cokelat pun mengandung lemak tinggi.

8. Minuman bersoda juga harus Anda hindari. Sebab, minuman bersoda bisa membuat perut kembung dan memicu asam lambung naik. Bahkan bisa membuat kondisi asam di lambung semakin buruk.

9. Hindari juga minum anggur dan minuman keras lainnya. Keduanya bisa menyebabkan terjadinya refluks.

10. Hindari konsumsi daging dan yang berlemak tinggi. Semua bisa menyebabkan terjadinya refluks dan membuat produksi asam lambung berlebih. Ini memicu terjadinya sakit asam lambung.

Anda Perlu Memperbaiki Pola MakanĀ 

Untuk mengatasi penyakit asam lambung dan maag, selain menghindari berbagai makanan minum seperti disebutkan di atas, Anda juga perlu memperbaiki pola makan.

Baca – Pilih Cemilan Sehat untuk Penderita Sakit Asam Lambung

Caranya dengan selalu menjalani pola makan yang sehat. Bukan pola makan yang tidak sehat. Pola makan yang sehat antara lain:

1. Makan tepat waktu. Jangan sering makan terlambat dari waktu yang telah Anda tentukan.

2. Jangan suka ngemil saat makan. Bisa membuat makanan yang masuk ke pencernaan tinggi. Ini bisa menghambat kerja pencernaan.

3. Hindari makan dalam porsi besar. Ini membuat pencernaan tidak bisa mengolah makanan yang Anda konsumsi dengan baik dan lembut.

4. Kunyah makanan sampai lembut. Ini juga sangat penting. Dengan makanan yang lembut, enzim mudah mengolahnya. Jika yang terjadi sebaliknya, enzim memerlukan waktu lama untuk mengolah makanan yang Anda konsumsi. Akibatnya, asam lambung naik.

Demikian artikel mengenai wedang jahe untuk asam lambung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *